Senin, 15 Maret 2010

Khasiat Rambut Jagung

Selama ini Anda mungkin mencari kaedah atau solusi alami untuk mengatasi masalah batu empedu.atau batu karang. Boleh jadi rambut jagung adalah pilihannya. Kerananya, sebagai terapi awal, rambut jagung ternyata memiliki potensi yang amat besar untuk meluruhkan atau pun menghancurkan batu empedu (batu karang). Beberapa ujian telah di buat  laboratorium, yang  telah menguatkan sangkaan dan dugaan ini.
Rambut jagung dalam kehidupan sehari-hari lebih dilihat sebagai limpahan dari industri pemakanan ataupun keperluan rumah tangga. Padahal, seperti diungkapkan ahli tanaman obat Dr.Setiawan Dalimartha, sebagian besar masyarakat sudah memanfaatkan air rebusan rambut jagung sebagai obat tradisional untuk peluruh air seni dan penurun tekanan darah (darah tinggi).
Penelitian mengenai kandungan rambut jagung sayangnya masih terbatas dan belum banyak disiarkan ataupun di terbitkan. Namun, beberapa penelitian menunjukan dijumpai adanya kandungan flavonoid yang bermanfaat sebagai peluruh batu empedu.
Sebelum Anda mengambil atau meminumnya pastikan memilih rambut jagung yang masih segar. Maksudnya, pilih jagung yang segar dan ambil rambut jagung yang sebahagiannya masih terbungkus dipelepah jagung.
“Jadi bukan yang di luar. Karena rambut jagung bagian dalam jauh lebih bersih dan banyak mengandung zat yang bermanfaat,” kata Setiawan.
Tertarik untuk mencoba? Cara meramunya (menyediakannya) tersangatlah mudah.
Peluruh batu empedu
Siapkan 30 gram rambut jagung, rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, saring (tapis) airnya lalu disejukan. Saring  (tapis) kembali, dan setelah sejuk bolehlah diminum. Minum ramuan ini sehari sekali.
Pereda panas dalam
Siapkan 30-40 gram rambut jagung dan irisan daun pandan. Rambut jagung dan daun pandan direbus dengan air secukupnya. Setelah sejuk, saringlah (tapislah) lalu diminum.
Peluruh kencing (diuretik)
Siapkan 30-50 gram rambut jagung dan satu rimpang jahe (halia) ukuran sedang. Rebus bahan-bahan dengan air secukupnya. Setelah dingin, saring. Boleh ditambah madu.
Sumber : http://kesehatan.kompas.com/read/xml/2009/06/16/13122799/rambut.jagung.luruhkan.batu.empedu

Tidak ada komentar: